PMI BANYUWANGI PRODUKSI MASSAL MASKER KAIN

BANYUWANGI – Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi ditunjuk sebagai produsen masker kain oleh PMI Pusat. Produksi masker secara massal akan dilakukan relawan Siaga Berbasis Masyarakat (SIBAT). Humas PMI Banyuwangi Ismiyati mengatakan, pihaknya menarget produksi masker kain sebanyak 150.000 untuk memenuhi kebutuhan masker kain masyarakat. Masker tersebut, tambahnya, akan disalurkan ke masyarakat secara cuma-cuna.

“Program pembuatan masker ini bertujuan memberdayakan tim SIBAT. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami dorong mereka bisa mengembangkan kreatifitasnya dan menambah pendapatan keluarga sambil beramal,” terangnya.

Sejauh ini, PMI Banyuwangi telah memproduksi sebanyak 4.000 buah masker kain atas dukungan Palang Merah Amerika dan USAID. Sejumlah masker tersebut telah dibagikan relawan kepada masyarakat melalui kegiatan promosi kesehatan. Masker itu dibagikan ke masyarakat di desa, sekolah, pondok pesantren beserta perlengkapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Banyak masyarakat yang bilang masker PMI nyaman dipakai. Kenapa demikian, karena kami lebih mengutamakan kenyamanan dan kebersihan masker yang diproduksi,” imbuhnya.

PMI Banyuwangi menetapkan standar kebersihan yang cukup tinggi dalam produksi. Ismiyati menuturkan, setiap masker yang selesai dijahit akan dicuci dan dikeringkan sebelum dibagikan ke masyarakat.

“Kemudian disetrika terus dikemas dalam plastik. Sehingga masker yang dibagikan bisa langsung dipakai oleh penerima manfaat. Kain yang dipergunakan juga dipilih dari kain katun yang tidak kaku tapi seratnya padat dan bentuknya 2 layer sehingga filternya 2 lapis,” tambahnya.

Sebelum memproduksi masker secara massal, Tim SIBAT Banyuwangi memulai produksi terbatas untuk lingkungan sekitar, produksi tersebut dibatasi hanya untuk memenuhi kebutuhan dua warga dua kelurahan. Saat ini sudah ada enam Tim SIBAT kelurahan/desa dengan jumlah personil yang terlibat sekitar 35 orang.

“Mereka bergotong royong bekerjasama, dalam setiap tim ada yang bagian memotong kain, menjahit, mencuci, menyetrika, ada juga yg bagian pengemasan dan sortir masker,” tukasnya.*

179

Leave a Reply