PMI CILACAP CEK SUHU JAMAAH SHOLAT JUMAT MASJID QORYATUL KHOIRIYAH

KAB.CILACAP/JATENG – PMI Kabupaten Cilacap turut membantu pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Qoryatul Khoiriyah Jl. Urip Sumoharjo RT 01/06 Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap yang kebetulan hanya berjarak 200 meter dari Gedung PMI Kabupaten Cilacap.

Sebanyak 2 personil PMI, atas nama Kurnia Permana dan Ruci Indra Jhaladri dari unsur KSR (Korp Sukarela) diterjunkan untuk melakukan pengukuran suhu terhadap para jamaah Sholat Jumat di masjid tersebut . “Relawan yang kami tugaskan  dibekali peralatan berupa Thermo Gun atau Infrared Thermometer, sarung tangan lateks, masker dan Face Shield,” kata Kepala Markas PMI Cilacap, Wasis, S.Sos, MM.

Dijelaskan, dari hasil pengecekan suhu, keseluruhan jamaah bersuhu normal, tidak ada yang melebihi 37,5°C, sehingga diperkenankan mengikuti prosesi Sholat Jumat. “Tidak ditemukan pula jamaah yang terindikasi sedang sakit atau mengalami gangguan kesehatan, seperti batuk, pilek, flu dan sejenisnya,” tandasnya.

Wasis menuturkan, sebagian besar jamaah telah menggunakan masker. Hanya ada beberapa jamaah, dengan alasan lupa tidak membawa masker, lalu diingatkan oleh petugas masjid untuk mengambilnya dari rumah sebelum memasuki masjid.

“Ta’mir masjid telah menyiapkan beberapa galon air tempat cuci tangan menggunakan sabun, sehingga seluruh jamaah setelah diukur suhunya langsung mencuci tangan,” ungkap Wasis.

Barisan shaf telah diatur sesuai protokol kesehatan menggunakan penanda jaga jarak antar jamaah. Jamaah Jumat membludak, hingga banyak yang sholat di halaman masjid, walaupun di bawah terik matahari. “Dengan dilakukannya protokol kesehatan secara disiplin, diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekitar masjid,” tandasnya.***

184

Leave a Reply