PMI DAN PRUDENTIAL INDONESIA GELAR EDUKASI SAFE STEPS KIDS

Lebih dari 12 juta siswa Indonesia rentan terdampak bencana alam. Terjadinya bencana alam, kedaruratan di rumah dan di sekolah, membuat anak-anak rentan jika hal tersebut terjadi. Oleh karenanya anak-anak sejak dini perlu mendapat pengetahuan supaya menjadi penolong pertama bagi dirinya maupun teman-temannya di tengah situasi pandemi. Langkah-langkah keselamatan (safe steps) atas situasi tersebut menjadi materi program edukasi yang diberikan.

Palang Merah Indonesia (PMI) kedua kalinya melaksanakan program edukasi Safe Steps fot Kids bekerja sama dengan Prudence Foundation dan Cartoon Networks. Ade Hergalia, Kepala Bagian Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) mengatakan sebuah tantangan besar bagi PMI melaksanakan program edukasi ini di masa pandemi. Metode pembelajaran daring menggunakan beragam media interaktif dilaksanakan di program edukasi yang menyasar 2.000 siswa Sekolah Dasar di wilayah Jabodetabek.

“Metode belajar nanti menggunakan media daring yang saat ini banyak digunakan, anak-anak belajar mengurangi dampak bencana gempa, banjir, angin topan, dan kebakaran; mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di rumah dan lingkungan sekitar, serta pertolongan pertama di rumah tangga,” jelasnya.

“Sebagaimana rencana awal bahwa desain kegiatan ini adalah pelatihan di masing-masing sekolah (SD) di wilayah Jabodetabek. Namun karena wabah Covid-19 sehingga kebijakan Kemendikbud bahwa kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah, maka kegiatan pelatihan ini juga akan menyesuaikan dalam bentuk online,” tukasnya.

Pelibatan kanal hiburan televisi anak, Cartoon Network diklaim akan membuat materi yang disampaikan lebih menarik dan mudah dipahami anak. Ayu Paraswati, Staf Biro Humas PMI mengatakan, tokoh-tokoh kartun banyak dilibatkan dalam penyampaian materi secara daring ini.

“Kami masukkan tokoh kartun agar suasana belajar serasa bermain. Materi juga dikemas dalam bentul yel-yel atau jingle agar mudah dipahami dan diingat,” imbuhnya.

Sejumlah materi video yang disiapkan dibuat oleh pelatih PMI dengan menjalankan protokol kesehatan. Ditambahkan Ayu, penyampaian secara daring juga dipilih demi keselamatan siswa dan pelatih.

 

296

Leave a Reply