PMI DAN WARGA BANTU PASIEN ISOLASI MANDIRI

Solidaritas sesama warga sangat dibutuhkan manakala ada warga di lingkungan kita terkonfirmasi positif covid-19. Alih-alih dilabeli kesan buruk, mereka membutuhkan bantuan moril maupun materiil. Seperti yang dilakukan warga RT 007/05, Munjul, Cipayung, Jakarta Timur (Jaktim) terhadap salah satu keluarga yang dua anggota keluarganya sedang mengisolasi diri lantaran covid-19.

Respon warga terhadap pandemi covid-19 disebut perlu ditingkatkan, termasuk salah satunya respon saat ada tetangganya terjangkit covid-19. Respon inilah yang dikuatkan Palang Merah Indonesia (PMI) di lingkungan RT 007/05, Munjul, Cipayung. Menurut Manajer Kasus Penguatan Respon Masyarakat PMI Jaktim Dewi Rahmadania, Program Penguatan Respon Masyarakat dalam Percepatan Penanggulangan covid-19 bertujuan meningkatkan pemahaman soal pencegahan serta penanggulangan covid-19.

“Supaya masyarakat memahami covid-19 itu seperti apa, pencegahannya bagaimana, penularannya melalui apa. Nah bantuan terhadap keluarga yang sedang isolasi mandiri juga termasuk respon,” jelasnya dihubungi, Selasa (21/7/2020).

Mulanya, tutur Dewi, laporan terkait kasus terkonfirmasi positif covid-19 itu dilaporkan Ketua RW setempat. Namun, Dewi terlebih dahulu memintanya untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Sementara PMI Jaktim menyiapkan respon untuk disinfeksi sekitaran lokasi keluarga tersebut.

 

Ketua RW setempat, beserta relawan PMI bersiap melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan RW 05, Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (21/7/2020).

“Hotline kami 24 jam, jadi kalau dibutuhkan kami siap. Tapi sebelum kami merespon kami minta sebelumnya dikoordinasikan dengan Gugus Tugas setempat, supaya kami tidak mengerjakan tugas pihak yang memang sudah ditunjuk,” terangnya.

Selain memberikan pelayanan penyemprotan di wilayah tersebut, PMI Jaktim juga menyalurkan bantuan logistik berupa sembako, susu, vitamin dan perlengkapan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Upaya yang dilakukan PMI ini mendapat sambutan baik dari warga. Mereka bergotong-royong ikut membantu keluarga tersebut.

“Mereka juga kami bekali alat pengukur suhu tubuh agar secara mandiri memeriksa kondisi tubuh dan melaporkannya ke Puskesmas setempat,” tambah Dewi.

Isolasi mandiri merupakan pilihan bagi warga yang terkonfirmasi positif covid-19. Ketua RW 05, Munjul, Cipayung, Jaktim Suroto menjelaskan, opsi isolasi mandiri dapat diterapkan bila yang bersangkutan berdisiplin. Bila demikian, kata Suroto, ia dan warganya juga akan dengan senang hati membantu kebutuhan keluarga tersebut.

“Jika kondisi memungkinkan, isolasi mandiri itu boleh, asal disiplin. Sepanjang tertib, kami akan memberi dukungan,” jelasnya.

Suroto sedari awal mengaku telah mengimbau warganya agar tidak memberikan stigma terhadap warga yang mengisolasi mandiri. Pemahaman disebarkan melalui relawan Sibat PMI dan relawan jumantik di Munjul. Para relawan ini juga yang bertugas mengunjungi warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri secara rutin.

“Mereka yang berkunjung secara rutin, tapi saya ingatkan juga agar tetap tertib namun tidak juga menyinggung perasaan keluarga tersebut,” jelasnya.

Suroto yang juga tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini menyebut isolasi mandiri tersebut bukan kali pertama. Di kasus sebelumnya, kata Suroto, warga yang mengisolasi diri didukung hingga dinyatakan sembuh. Karena penanganan yang apik dari berbagai pihak ini juga, RW tersebut ditetapkan sebagai wilayah sasaran Penguatan Respon Masyarakat dalam Percepatan Penanggulangan Covid-19.

116

Leave a Reply