PMI GANDENG ARTIS GALAKKAN PERSATUAN LAWAN COVID-19

JAKARTA – Sejumlah pesohor memeriahkan perayaan hari palang merah sedunia yang diglear Palang Merah Indonesia (PMI), Jumat (8/5). Acara yang digelar secara daring ini diikuti sedikitnya oleh 3.000 relawan PMI seluruh Indonesia. Bersama sejumlah pesohor, PMI menggaungkan gerakan #KitaHadapiBersama guna menanggulangi dampak pandemi covid-19.

Alfiansyah Bustami alias Komeng hadir membacakan puisi dalam kesempatan tersebut. Pelawak yang terdata aktif sebagai tenaga sukarela (PMI) PMI Kabupaten Bogor ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tenaga medis melalui puisi tersebut. Ia juga berpesan kepada masyarakat agar mematuhi kebijakan pemerintah terkait percepatan penanganan covid-19.

“yang mereka minta hanya anda sebaiknya di rumah saja
saya pun tidak bisa memberi apa-apa
saya hanya bisa berdoa
semoga tuhan memberikan ganjaran sorga,” penggalan puisi tersebut.

Selain Komeng, live event ini juga diikuti artis peran Edi Brokoli. Pendonor darah rutin Unit Doroh Darah (UDD) PMI Bandung ini mengaku turut serta dalam kampanye donor darah di tengah pandemi. Seperti diketahui, persediaan darah PMI menipis lantaran situasi pandemi. Edi beserta fans Arsenal berinisiatif menggelar donor darah serentak di wilayah masing-masing mengingat kebijkakan PSBB masih berlaku di sejumlah wilayah.

“Penyelenggaraannya sangat aman, saya dengan 1000 lebih partisipan berhasil mendonorkan darah. PMI sudah menyiapkan SOP donor darah supaya tetap aman sesuai anjuran pemerintah agar aman. di UDD bandung, bahkan masih di dalam mobil dicek tmpratur, datang pakai masker, turun dari mobil sebelum masuk cuci tangan, nunggu di luar dengan pengaturan tempat duduk physical distancing, masuk ke ruangan sebelumnya isi formulir prosedur tambahan yang berhubungan dengan covid-19,” tuturnya.

Pentolan grup musik reggeae Nanoe Biru I Made Murdita turut andil dalam peringatan hari lahir bapak PMI Henry Dunant ini. Ia beserta relawan PMI Bali membawakan sejumlah lagu daerah. Kemudian, penampilan dilanjutkan medley dari relawan PMI Ambon.

Rangkaian penampilan ini membawakan semangat kebersamaan menghadapi covid-19. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, penanganan pandemi ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karenanya, peran seluruh komponen bangsa diperlukan, termasuk peran masyarakat. JK mengatakan, masyarakat membantu petugas medis serta relawan dengan cara disiplin mematuhi anjuran pemerintah.

“Setelah itu, marilah kita bersatu bersama dengan seluruh komponen bangsa ini. Insya Allah dengan pesatuan kita bisa mengatasi masalah ini,” pesannya.

47

Leave a Reply