PMI KAB JEMBER DISTRIBUSIKAN MASKER

Gunung Raung hingga kini (23/7) masih belum lelah meraung-raung. Aktivitas vulkanik masih terpantau tinggi. Bahkan rangkaian kegempaan akibat erupsi gunung yang terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur itu masih terasa hingga kemarin. Status Gunung Raung masih bertahan pada level III (Siaga). Akibatnya, warga dilarang berada dalam radius tiga kilometer dari kawah Gunung Raung. Meskipun demikian masyarakat belum perlu mengungsi, mereka tetap tenang melakukan aktivitas seperti biasa.

Tingginya Abu Vulkanik Gunung Raung menyebar hingga ke beberapa wilayah seperti Kabupaten Bondowoso, Jember, Banyuwangi, Bali, hingga Samudera Hindia di sisi selatan dan Tenggara Gunung Raung. Hujan abu vulkanik tipis juga menghujani seputaran Jember Kota, Kecamatan Ledok Ombo, Kecamatan Sumberjambe. dan Gunung Malang.


Akmal, Staf PMI Kabupaten Jember mengatakan abu vulkanik kini bergerak menuju wilayah Jember. Meskipun terbilang tipis dibanding yang dialami oleh Bondowoso. Namun, hal ini perlu di tanggapi dengan serius. Abu vulkanik dapat menyebabkan gangguan kesehatan yakni infeksi saluran penapasan atas (ISPA) dan iritasi mata.

“Mencegah terjadinya ISPA akibat abu vulkanik, maka PMI Kab Jember mendistribusikan 400 buah masker bagi warga Jember di wilayah Jember Kota, Kecamatan Ledok Ombo, Kecamatan Sumberjambe dan Gunung Malang.” Lanjutnya.

Disisi lain, PMI Bondowoso juga telah menyiagakan 75 sukarelawan terampil yang akan siaga di pos pengungsian. Tenda pengungsian juga telah didirikan untuk evakuasi warga jika erupsi gunung Raung makin menyebar. Selain itu, 7000 buah masker juga telah didistribusikan kepada warga Bondowoso yang terdampak abu vulkanik.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Herman, PMI Kab. Bondowoso, Hp: 0852 5760 9979, atau Akmal, staf PMI Kabupaten Jember, Hp: 0813 3073 0757

60

Leave a Reply