PMI KOTA SUKABUMI SULAP DRUM BEKAS JADI WASTAFEL OTOMATIS

KOTA SUKABUMI – Dalam masa pandemik Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyulap drum bekas minyak menjadi wastafel yang unik. Tidak hanya itu, meski berbahan sederhana dan dibuat sedemikian rupa, wastafel itu juga terbilang canggih karena menggunakan sensor tangan yang berfungsi untuk mengalirkan air dan sabun secara otomatis.

“Sesuai arahan dari Ketua PMI Kota Sukabumi, bagaimana setiap PMI di masing-masing kecamatan didorong untuk berpartisipasi aktif mengembangkan ide kreatif,” ujar relawan PMI Kecamatan Cikole, Feri Febriana.

Dijelaskan, ide tersebut berawal dari tumpukan barang bekas ramah lingkungan yang berada di sekitar masyarakat. Tak hanya membuat wastafel sederhana Pengurus PMI juga memasang sensor yang nantinya akan mendeteksi gerakan warga yang menyodorkan tangan dibawah tempat air dan membuat aktivitas sentuhan berkurang

“Selain itu, tong sengaja kita kemas menarik dengan cat warna putih dengan logo PMI serta disisipkan ajakan untuk mencuci tangan pakai sabun, serta tata cara cuci tangan yang benar,” tuturnya.

Ditambahkan Feri, pesan ajakan mencuci tangan diletakkan di posisi paling atas, kemudian di bawahnya dipasangi kaca sehingga sambil mencuci tangan pengguna wastafel juga bisa bercermin merapikan diri. “Adanya tempat cuci tangan ini, harapannya dapat mendorong budaya perilaku hidup bersih dan sehat untuk selalu rajin cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas,” pungkasnya.

Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo menyambut baik berbagai ide kreatif yang sudah dikembangkan oleh jajaran pengurus PMI di beberapa kecamatan. Dia meminta peran aktif seluruh pengurus PMI kecamatan dan kelurahan untuk menggerakkan potensi para relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat).

“Mereka itu adalah kepanjangan tangan PMI dalam melaksanakan pelayanan kepalangmerahan, terutama untuk upaya pencegahan dan percepatan penanganan wabah Covid-19. Kami sangat mengapresiasi kinerja jajaran PMI yang aktif dan konsisten dalam menjalankan aksi kemanusiaan,” katanya.***

 

94

Leave a Reply