PMI KOTA TANGERANG LAYANI BERAGAM PERMINTAAN AMBULANS

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang melayani permintaan beragam jenis ambulans bagi masyarakat. Sejumlah armada ambulans PMI diklaim telah memenuhi standar nasional serta diawaki petugas profesional. Layanan ini diharapkan dapat mengatasi maupun mencegah situasi darurat seperti dalam acara yang melibatkan banyak massa.

Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan mengatakan, sedikitnya ada 3 jenis layanan ambulans yang disediakan pihaknya. Pertama, pelayanan Ambulans Gawat Darurat (AGD), yakni ambulans yang siaga 24 jam yang diawaki seorang sopir serta petugas penolong. Layanan berikutnya, sambung Ade, adalah Ambulans Event. Ambulans tersebut, terangnya disesuaikan pelayanannya serta awaknya sesuai permintaan.

“Kami juga menyediakan pelayanan Ambulans Sosial, layanan ini merupakan bentuk kepedulian PMI terhadap masyarakat,” kata Ade.

Ade melanjutkan, sejumlah layanan ambulans tersebut telah diuji dan lolos sertifikasi. Mulai dari unit hingga awaknya telah memenuhi standar nasional. Untuk sopirnya misalnya, harus memiliki kecakapan pertolongan pertama. Sementara bagi petugas non-sopir selain harus memiliki kemampuan PP, mereka juga disyaratkan memiliki kemampuan perawatan darurat.

“Tim Ambulans PMI, sesuai Standar dalam buku Panduan Pelayanan Ambulans PMI, memiliki kelengkapan persyaratan sertifikat PP minimal 40 jam dan mampu melakukan tindakan PP,” imbuh Ade.

Selain dengan datang langsung ke Marka PMI Kota Tangerang yang berlokasi dekat Alun-alun Kota, layanan tersebut juga bisa masyarakat akses di sambungan telepon 24 jam di 021-5524521. Sambungan tersebut juga bisa diakses melalui perpesanan instan Whatsapp.

“Masyarakat bisa sebutkan nama dan keperluan atau kondisinya, kami akan mendatangi pemohon setelah informasi lengkap,” tukas Ade.

93

Leave a Reply