PMI SUKABUMI KENALKAN PMI FIRST AID

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memperkenalkan aplikasi android yang dinamai ‘First Aid’ kepada para pemudik sejak Sabtu lalu (11/7). Aplikasi gratisan ini diklaim sangat berguna untuk pemudik ketika terjadi kecelakaan ringan.

“Di sana tersedia informasi mengenai penanganan apabila terjadi kecelakaan seperti patah tulang, terbakar, pendarahan dan keseleo. Tidak itu saja penanganan digigit serangga berbahaya pun ada. Aplikasi ini sebenarnya diluncurkan secara nasional, dan kami memperkenalkannya secara luas di Sukabumi,” ujar Atep Maulana, Humas PMI Sukabumi.


Untuk bantuan siaga pemudik, PMI Sukabumi telah menyiagakan sebanyak 45 orang yang tersebar di 5 titik jalur rawan kecelakan lalulintas di Sukabumi, di antaranya jalur pertigaan jalur Cibolang, pertigaan Cikidang, Pelabuhan Ratu, dan Markas PMI sendiri di jalur Cisaat sebagai Posko induk utama.

“Penanganan medis dasar dari sukarelawan dan Tim ambulans PMI sudah bersiaga dan bergabung dengan tim pengamanan dari TNI dan Polri,” imbuhnya.

Selain itu, Posko PMI juga menyiapkan tim pijat refleksi dari Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) yang siap sedia melayani pijat gratis untuk para pemudik yang beristirahat di tenda-tenda siaga PMI.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : dr. Arfan Faturahman, Kepala Divisi Kesehatan PMI Pusat, HP. 0816 1696 881 atau Mahfud, Staf Divisi Kesehatan, HP. 0815 9443 198

82

Leave a Reply