PMI SUMBANG 2000 JERIGEN UNTUK STOK AIR MINUM KELUARGA

Dalam operasi bantuan kemanusiaan PMI di Myanmar, Tim Watsan PMI terus mengupayakan ketersediaan air bersih bagi pengungsi di Myanmar. Selain membangun pompa air,Latrine dan Tandon Air, secara bertahap PMI juga membantu penyediaan jerigen untuk tandon air minum bagi setiap keluarga.

Tim PMI dan MRCS selama kegiatan asesment lanjutan, banyak menemukan penyimpanan air yang tidak sehat. Tidak semua air direbus oleh para pengungsi, hanya sebagian pengungsi merebus terlebih dahulu air sebelum dikonsumsi. Umumnya mereka hanya menempatkan air minum di wadah atau bejana terbuka. Hal ini tentu akan membuat air mudah tercemar dan kotor.

Dr. Thaik Htun Manajer Operasi MRCS di Sittwee menjelaskan, tingginya kasus Diare dan gangguan perut lainnya di antara pengungsi harus diantisipasi dengan penyediaan bahan baku air minum yang memadai, sampai pada upaya penyimpanannya.

“Selain perlu penambahan pembangunan pompa air dan pembuatan sumur gali, kususnya di Kamp Benggali, pengungsi juga perlu dukungan Jerigen yang dapat digunakan untuk penyimpanan air minum bagi setiap keluarga.  Saat ini, kami telah mendapatkan bantuan dari PMI sebanyak 2.000 jerigen untuk penyediaan air minum bagi setiap keluarga di barak penampungan darurat,” kata Dr. Thaik Htun.

Pendistribusian air saat ini hanya dilakukan di Kamp Rakhine, sedangkan di Kamp Benggali lebih memaksimalkan sumur gali dan pompa air. Hal ini mengingat, kondisi jalan yang rusak dan kurang layak untuk dilewati mobil tanki air. Selain itu juga karena alasan keamanan dan keselamatan bagi para petugas.

Sebanyak 2.000 unit jerigen berkapasitas masing-masing 20 liter ini, sebagian telah didistribusikan, dan sisanya akan segera didistribusikan secara bertahap untuk para pengungsi. Pengadaan jerigen dilakukan di Sittwe. Bila tidak cukup, akan didatangkan dari Yangon.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Arifin Muh. Hadi, Koordinator Tim PMI di Myanmar, Hp. +9509401524644 (nomor lokal). Kontak Media: Anggun Permana Sidiq, Hp. 0856 97777 313.

78

Leave a Reply