RAKOR LANJUTAN BANTUAN BAGI PENYINTAS TSUNAMI SELAT SUNDA

PANDEGLANG/BANTEN – Sebagai organisasi kemanusiaan, dalam pergerakan dan fungsinya, Palang Merah Indonesia (PMI) bertugas membantu pemerintah di semua tingkatan. Saat ini, jajaran PMI Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang diharuskan tetap konsen melaksanakan misi kemanusiaan atas keberlangsungan hidup penyintas Tsunami Selat Sunda yang terjadi akhir 2018 lalu, disamping saat sekarang ini juga harus turut andil dalam gerakan nasional bersama pemerintah dalam langkah pencegahan memutus mata rantai penularan Corona Virus Desease (Covid-19).

Bantuan kemanusiaan untuk kelangsungan hidup dengan besaran milyaran rupiah yang digelontorkan untuk peyintas Tsunami Selat Sunda itu, berlaku untuk para nelayan terdampak Tsunami yang secara teknis dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Pandeglang dan PMI Kabupaten Serang.

“Ya, program dengan total dana Rp. 1.500.200.000,- ini merupakan dukungan International Federation Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) atau bisa kita sebut Federasi, disalurkan melalui PMI Pusat ke PMI Provinsi Banten untuk 577 Kepala Keluarga dan per-KK akan menerimanya sebesar 2,6 Juta”, ujar Kepala Markas PMI Provinsi Banten, Embay Bahriyah saat menghadiri rapat koordinasi (rakor), Kamis (16/07/2020) bersama PMI Kabupaten Pandeglng, Kabupaten Serang dan PT. Pos Indonesia.

Dijelaskan, mekanisme pengambilan dana bantuan tersebut, masyarakat/penerima manfaat yang lolos verifikasi sebanyak 514 KK di wilayah Pandeglang dan 63 KK dari wilayah Kabupaten Serang dapat melakukannya di Kantor Pos terdekat yang ditunjuk dengan memperlihatkan Kartu Penerima Manfaat, KTP dan Kartu Keluarga.
Sementara itu, manajemen PT. Pos Indonesia Cabang Pandeglang Andri, menerangkan bahwa pencairan dana bantuan dari PMI dapat segera dilakukan. “Kami siap untuk memproses dana bantuan ini mulai tanggal 23-28 Juli 2020 di Kantor Pos terdekat. Diantaranya Kantor Pos Panimbang tanggal 23-24 Juli 2020, Cibaliung (Sumur) 23 Juli 2020, Labuan 27-28 Juli 2020 untuk masyarakat dari Pandeglang dan Kantor Pos Anyer untuk masyarakat dari wilayah Anyer dan Cinangka pada tanggal 23 Juli 2020”, jelasnya.***

113

Leave a Reply