RELAWAN MASYARAKAT PMI, BANTU UPAYA PENCEGAHAN HINGGA PENYEMPROTAN

Sedikitnya 140 relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) dikerahkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor untuk menguatkan respons masyarakat terhadap covid-19 secara mandiri. PMI membekali relawan masyarakat tersebut dengan materi sosialisasi serta alat penyemprot. Program Penguatan Respons Masyarakat ini telah dilaksanakan di 11 Desa, dua kecamatan.

Salah satu pelibatan Sibat dalam penanganan covid-19 di Kabupaten Bogor ialah penyebaran media sosialisasi kesehatan atau media Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE). Manajer Kasus Program Penguatan Respons PMI Kabupaten Bogor Sarifudin menjelaskan, tiap kelompok Sibat di Desa diamanahi sejumlah Media KIE untuk disebarkan. Mereka, kata Acung sapaan akrab Sarifudin, dibantu relawan PMI dalam pemasangannya.

“Namun sebelum pemasangan, kita terlebih dahulu sudah melakukan sosialisasi. Jadi tidak asal pasang,” jelas Acung.

Sosialisasi didahulukan agar masyarakat terlebih dahulu memahami maksud dari imbauan-imbauan di media KIE. Hal tersebut, dinilai Acung, akan membuat pesan atau imbauan di KIE lebih efektif dan tepat sasaran.

“Dan arena media KIE-nya terbatas, maka kami hanya pasangi di titik yang sudah kami sosialisasikan saja. Ini juga akan lebih efektif, jadi masyarakat tidak hanya sekedar tahu kenapa misalnya harus cuci tangan, pakai masker dan sebagainya,” imbuh Acung.

Sedikitnya ada empat ragam imbauan media KIE yang disebarkan Sibat di Pos Ronda, Posyandu, balai warga, serta titik lainnya. Imbauan tersebut mulai dari protokol kesehatan dasar hingga protokol keseatan saat pulang atau usai beraktivitas di luar rumah.

Selain melakukan sosialisasi, Sibat juga aktif melakukan penyemprotan disinfektan di tiap desa. Acung menyebut, PMI membagikan 10 unit alat penyemprot ke tiap kelompok Sibat untuk penyemprotan mandiri. Sementara Sibat menyemprot pemukiman serta rumah tetangganya, relawan PMI membantu penyemprotan jalan lingkungan atau jalan desa.

Pelibatan Sibat oleh PMI dilakukan di banyak daerah. Pelibatan tersebut merupakan bagian Program Penguatan Respons Masyarakat oleh PMI yang didukung Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC) ini dilakukan untuk mendorong kemandirian masyarakat dalam melakukan pencegahan.

“Program ini dilakukan di Jabodetabek, kami berharap ini bisa menekan penyebaran virus corona di sejumlah masyarakat,” kata Staf Penguatan Masyarakat Biro Humas PMI Aulia Apriani.

153

Leave a Reply