SEBELUM VAKSINASI, DISIPLIN DAN DISINFEKSI DINILAI SEBAGAI CARA AMPUH CEGAH COVID-19

“Disiplin dan disinfeksi,” Kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla saat dimintai tanggapan soal perkembangan pandemi covid-19 di Indonesia. Dua hal itu dinilai sebagai cara paling efektif sementara ini sebelum vaksin atau obat covid-19 ditemukan. Anjuran Ketua Umum tersebut dilaksanakan dan disosialisasikan secara rutin oleh relawan PMI di berbagai wilayah, seperti dilakukan PMI Kota Yogyakarta.

Pelayanan disinfeksi atau penyemprotan disinfektan  dilakukan PMI Kota Yogyakarta hampir setiap hari selama pandemi. Di sela melayani permintaan masyarakat itu, PMI Kota Yogyakarta juga mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ditambah protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Staf Relawan dan Penanggulangan Bencana (PB) PMI Kota Yogyakarta, Dedy Rianto mengatakan, pelayanan disinfeksi dilakukan di fasilitas atau tempat pelayanan umum. PMI Kota Yogyakarta juga melayani penyemprotan pemukiman sesuai permintaan warga.

“Permintaan warga ini diakomodasi oleh Pengurus PMI Kecamatan Kotagede. Kemudian, kami mendatangi lokasi dan membagi tugas. Ada sekitar 70 tempat tinggal yang kami disinfeksi,” jelasnya

Dedy menaksir, penerima manfaat disinfeksi di RW 10, Kelurahan Perenggan, Kotagede ini mencapai 120 jiwa.

Sementara sosialisasi PHBS dan Protokol Kesehatan dilaksanakan PMI Kota Yogyakarta di sela kegiatan disinfeksi. Sambil berkunjung, sambil mengobrol santai, pada berbagai kesempatan, relawan tak bosan mengingatkan warga untuk berdisiplin menjalankan anjuran tenaga kesehatan.

Wajar saja bila anjuran agar disiplin serta upaya disinfeksi terus dikatakan JK dalam berbagai kesempatan. Virus tersebut, katanya, memiliki sifat cepat menyebar dan ganas.

“Kita harus juga lebih cepat lagi, disinfeksi, jaga, jarak, disiplin harus lebih. Kalau tidak berdisiplin ini akan meluas terus, bertambah korbannya. Hanya dua cara itu, disiplin, dan disinfeksi,” tutup JK dalam wawancara dalam kegiatan donor darah di Jakarta beberapa waktu lalu.

606

Leave a Reply