SEKJEN: DONASI MASYARAKAT SANGAT BERARTI

JAKARTA – Donasi sejumlah Rp 100 juta diterima Palang Merah Indonesia (PMI) dari pelanggan pascabayar XL, Kamis (19/6/2020). Berbagai kalangan telah menyumbangkan uang serta barang untuk operasi penanganan COVID-19 di Indonesia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said mengatakan bantuan tersebut akan digunakan dalam operasi penanganan wabah covid-19. Hingga saat ini tercatat bantuan covid-19 yang disalurkan ke PMI telah mencapai kurang lebih Rp 120 miliar. Sejumlah uang itu, kata Sudirman Sadi, disalurkan kembali ke warga terdampak wabah ini.

“Kami menyampaikan terima kasih atas inisiatif XL untuk menghimpun donasi dari para user. Covid-19 ini membawa PMI pada garis depan,” katanya.

Penanganan wabah COVID-19 telah menghabiskan banyak sumber manusia dan dana. Karenanya, bantuan dari masyarakat sangat berarti. Agar operasi tetap berjalan hingga akhir tahun, setidaknya, PMI membutuhkan uang Rp 209 miliar.

“Kami targetkan operasi sampai akhir tahun itu ditargetkan minimal Rp 209 miliar. Memang keadaan ekonomi sedang sulit, tidak sebaik pada donasi bencana biasa, semua kan terdampak,” imbuhnya.

Berapa pun yang kami terima sangat berarti, terima kasih.

Sudirman merangkum, ada dua hal utama yang dilakukan dalam operasi penanganan wabah covid-19. PMI fokus melakukan promosi atau kampanye kesehatan kepada masyarakat agar perilaku kehidupan bersih dan sehat tercapai. Penanganan lainnya yakni memutus mata rantai penyebaran virus dengan cara disinfeksi.

“Kalau teori Pak JK bilang segitiga; menghindar; mematikan; mengobati. Kami fokus pada dua di awal itu, kampanye kesehatan dan disinfeksi di tempat-tempat umum yang diduga virus itu hinggap seperti tempat ibadah, pasar, terminal, pemukiman, dan di titik-titik yang ditetapkan sebagai episentrum kami giatkan,” katanya lagi.

Sedikitnya 600 kendaraan dioperasikan setiap hari untuk menyemprotkan cairan disinfektan. Upaya penyemprotan ini juga didukung alat penyemprot gendong untuk mencapai wilayah-wilayah sempit.

“Ada lebih dari 600 kendaraan, mulai dari roda tiga, truk, atau pick up. Kami juga sebar 10.000 hand sprayer,” jelasnya.

Sementara Chief of Premium Segment Officer XL Axiata mengatakan, XL Axiata juga memberikan dukungan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar Rp. 100.000.000 melalui program Donasi Siaga Pandemi. Program ini inisiatif dari XL PRIORITAS melalui #BukberDariRumah challenge di Instagram yang berlangsung 6-20 Mei 2020.

“Tantangan ini mendapatkan sambutan yang bagus dari pelanggan. Banyak video yang masuk ke kami dan sangat kreatif. Seluruh pelanggan yang telah mengikuti #BukberDariRumah Challenges berarti telah turut berkontribusi dalam meringankan beban saudara kita yang terdampak pandemi Covid-19,” kata Octavia.

 

56

Leave a Reply