SUKARELAWAN TERAMPIL PP DI SIAGAKAN

Lebaran tinggal menghitung hari. Namun tim siaga lebaran Palang Merah Indonesia masih bertugas untuk bantu sukseskan mudik aman, nyaman dan selamat. Hari ini (14/7), Tim siaga lebaran PMI Pusat melakukan kegiatan monitoring Pos Pelayanan Pertolongan Pertama #KamiSiapBantu di wilayah Karawang. Menurut Ditlantas Polri dalam rakor siaga lebaran menyebutkan, Karawang merupakan jalur mudik yang masih rawan akan kecelakaan. Oleh karenanya, PMI sebagai pelopor pertolongan pertama di tempatkan di wilayah rawan kecelakaan.

Kepala Markas PMI Kabupaten Karawang, Supandi menyatakan bahwa PMI ditempatkan di jalur R2 yakni di jalan Karawang, Cilamaya dan Cilamaya wetan. Ketiga jalur tersebut merupakan jalur rawan kecelakaan karena masih minimnya lampu penerangan disepanjang jalur tersebut.


“Volume arus mudik di wilayah Karawang meningkat pada pukul 7 malam hingga dini hari. Di sepanjang Karawang yang paling banyak memakan korban jiwa adalah wilayah Cilamaya Wetan. Kecelakaan sering terjadi di tikungan tajam yang memang masih minim rambu lalu lintas seperti marka jalan dan lampu penerangan. Tak sedikit pemudik yang jatuh hingga tercebur ke kali.” Terangnya.

Guna mensukseskan siaga lebaran tahun ini, PMI Kabupaten Karawang memobilisasi 100 sukarelawan terampil, perawat dan dokter yang siap berjaga di pos pertolongan pertama. Seminggu sebelumnya, sukarelawan PMI dikarantina untuk refreshment materi PP agar semakin terampil saat bertugas dilapangan.

Pada Senin lalu (13/7), tim siaga lebaran PMI Pusat juga melakukan monitoring ke tiga lokasi diantaranya Stasiun Senen, Terminal Pulogadung dan Pelabuhan Tanjung Priok. Selain bertugas untuk memberikan pertolongan pertama, sukarelawan PMI juga membagikan PP Kit praktis yang dapat digunakan pemudik disaat kedaruratan. Tak lupa pula, para pemudik diberikan edukasi mengenai safety riding agar pemudik semakin berhati-hati berkendara.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : dr. Arfan Faturahman, Kepala Divisi Kesehatan PMI Pusat, HP. 0816 1696 881 atau Mahfud, Staf Divisi Kesehatan, HP. 0815 9443 198

77

Leave a Reply