TEKAN PENYEBRAN COVID-19, PMI SULSEL MASIFKAN DISINFEKSI

Sebanyak 576 lokasi di Propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) disemprotkan disinfektan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Disinfeksi bakal terus dilakukan PMI Sulsel guna menekan penyebaran covid-19 di propinsi dengan kasus konfirmasi positif covid-19 terbanyak di luar pulau Jawa tersebut.

Sebanyak dua unit truk penyemprot disifektan (gunner) dioperasikan PMI Sulsel setiap hari untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi wabah covid-19. Tercatat, sejak dioperasikan pertengahan Juni, truk tersebut telah beroperasi sejauh 1.361 kilometer. Kepala Biro Humas PMI Sulsel Muhammad Supriyadi mengatakan, selain gunner, PMI Sulsel juga mengoperasikan kendaraan pikap sprayer, serta handsprayer.

“Kami lakukan setiap hari di sejumlah kabupaten/kota. Di perkantoran, faslitas kesehtan, sekolah, pemukiman, kami semprot,” jelas Adi, sapaan akrab Supriadi.

Dari total 553 relawan, PMI Sulsel mengerahkan lebih dari setengahnya untuk memberikan pelayanan di masa pandemi ini. Tak cuma disinfeksi, para relawan juga aktif menyebarkan imbauan atau promosi kesehatan ke masyarakat sebagai upaya pencegahan. Adi mengatakan, imbauan kesehatan ini biasanya diberikan sembari menyalurkan sembako atau perlengkapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Adhi menaksir, penerima manfaat dari layanan disinfeksi mencapai 669.723 jiwa. Sementara promosi kesehatan telah disebarkan ke sedikitnya 245.635 jiwa.

Adi melanjutkan sejumlah upaya tersebut bakal terus dilakukan PMI Sulsel mengingat pertambahan kasus terkonfirmasi belum melandai. PMI Sulsel bersama berbagai pihak, katanya, akan terus bersama melawan covid-19.

Untuk diketahui, Propinsi Sulsel berada di peringkat kelima wilayah dengan kasus positif covid-19 berdasarkan Gugus Tugas Perceoatan Penanggulangan Covid-19. Propinsi dengan 24 kabupaten/kota ini mencatatkan kasus positif covid-19 sebanyak 5.890 kasus pertanggal 6 Juli.

155

Leave a Reply