Tim Ambulans PMI DKI Tangani Puluhan Pendemo di Jalan Kwitang Raya

DKI Jakarta – Tim Ambulans PMI DKI Jakarta Posko Jalan Kwitang Raya, Jakarta Pusat menangani puluhan pendemo yang membutuhkan perawatan medis. Sebagian besar pendemo yang dilayani akibat terpapar gas air mata.

“Data sementara yang dirangkum ada sebanyak 60 pendemo yang kita tangani di Posko Jalan Kwitang Raya, jumlahnya semakin meningkat,” ungkap Herman, Kepala Bidang Pelayanan Markas PMI DKI Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Menurut dia, pendemo yang sebagian besar berstatus mahasiswa ini mengalami sesak napas dan ada juga yang menderita akibat penyakit bawaan. Mereka dilayani oleh tim medis PMI yang bertugas.

“Mereka yang menderita ringan kami tangani di tempat, sementara yang membutuhkan perawatan medis kita langsung evakuasi ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM),” kata Herman.

Sejauh ini, sambung Herman, pendemo yang ditangani sudah semakin membaik dan ada juga yang diarahkan untuk segera pulang ke rumah masing-masing untuk memulihkan kondisi diri.

“Kami dari tim ambulans akan siaga hingga situasi kembali kondusif, untuk menambah tenaga kami dibantu oleh sejumlah pegawai markas yang masih ada. Kegiatan penanganan tim ambulans ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta,” tuturnya.

Sementara dari informasi yang dihimpun, disampaikan Herman, penanganan serupa juga dilakukan oleh tim ambulans PMI wilayah di tujuh titik konsentrasi ambulans PMI.

“Tim ambulans dari PMI lima wilayah kota juga menangani pendemo yang membutuhkan perawatan medis,” pungkasnya.

92

Leave a Reply