Warga Tangerang Bisa Donor Darah di Rumah Bersama PMI

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang memberikan kemudahan pelayanan kepada para pendonor darah di tengah wabah covid-19 dengan mendatangi rumah-rumah dan antar jemput pendonor.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang, David H Sidabutar dalam keterangan resminya, Minggu (10/10) menuturkan, layanan mendatangi donor ke rumah dan antar jemput donor darah dilakukan untuk memenuhi stok darah. Menurutnya, saat ini stok darah yang ada di PMI Kota Tangerang sudah mulai berkurang.

“Ini program untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya dalam keadaan physical distancing. Dengan cara seperti ini, masyarakat tidak perlu takut untuk donor darah dan juga dapat memenuhi stok darah,” ujarnya.

Program ini terus diberlakukan selama masa pembatasan kontak sosial,namun tidak menutup kemungkinan akan terus dilakukan selama masa bekerja di rumah karena dianggap berdampak positif bagi persediaan darah.

“Jadi masyarakat tidak perlu bingung atau malas datang ke PMI Kota Tangerang dengan adanya kebijakan dari pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) karena dengan jumlah 10–20 calon donor kami akan mendatangi ke rumah-rumah kalian,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa persediaan darah saat pandemi Covid19 ini kian menyusut dalam setiap pekannya.

“Jadi ketentuan mendatangi ke rumah- rumah dan antar jemput donor jumlah minimal 10-20 orang, bisa dari unsur komunitas, warga, remaja masjid, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan,” imbuhnya

102

Leave a Reply