WARTAWAN MITRA PENTING PMI

Media memiliki peran penting sebagai sumber informasi berbagai bidang. PMI memerlukan dukungan dari media untuk melakukan publikasi kegiatan dan pelayanan kepada masyarakat. “Kami mengharapkan pengurus PMI ada dari unsur wartawan, agar PMI lebih dikenal luas dimasyarakat dengan dukungan pers,” ujar Sasongko Tedjo, Ketua PMI Jawa Tengah saat membuka Orientasi Kepalangmerahan bagi Wartawan Se-Jateng, di Pusdiklat PMI Jateng, Semarang (27/8)

Kegiatan yang diselenggarakan hingga 2 hari ke depan dan diikuti 50 orang peserta ini bertujuan agar wartawan lebih mengenal PMI dan kegiatannya. “PMI terus melakukan jejaring dengan berbagai pihak. Wartawan dan medianya, merupakan salah satu jejaring penting bagi PMI,” terang Sasongko di depan peserta yang berasal dari berbagai media cetak, online, televisi dan radio di Jawa Tengah.

Narasumber yang hadir adalah perwakilan ICRC (the International Committee of the Red Cross-Komite Internasional Palang Merah) di Indonesia dan PMI Pusat. Ketua bidang relawan PMI Pusat,Bapak H. Muhammad Muas, yang menjadi salah satu narasumber mengemukakan ihwal pembentukan PMI berasal dari instruksi Presiden Soekarno kepada Menkes dr. Buntaran Martoatodjo untuk membentuk suatu badan palang merah nasional. “Pembentukan Palang Merah Indonesia dengan tujuan menunjukkan kepada dunia internasional bahwa keberadaan negara Indonesia adalah suatu fakta nyata setelah kemerdekaan,”  ungkapnya.

Dalam pemaparannya beliau mengingatkan bagaimana pentingnya PMI bagi Indonesia. “Tak hanya sisi historis saja melainkan dari semangat sosialnya yang bergerak ke bidang kemanusiaan. Maka dalam kehidupan modern ini, semangat mulia kepalangmerahan ini terus ditumbuhkembangkan,” harapnya.

Melalui orientasi ini diharapkan dapat menambah kekuatan PMI dalam hal relawan dan peningkatan publikasi PMI sesuai dengan visi PMI. Menjadi organisasi kemanusiaan yang profesional, tanggap dan dicintai masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455 – 081575629075, email  : nashrjateng@gmail.com

27

Leave a Reply