PMI LUMAJANG SIAGAKAN PERSONEL RESPONS ERUPSI SEMERU

Peningkatan aktivitas Gunung Semeru di Jawa Tengah memaksa ratusan jiwa mengungsi ke tampat aman. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang dan Malang terus membantu pemerintah dalam tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru, Kamis (3/12/2020). Pendataan (assesment) terus dilengkapi PMI untuk menentukan kebutuhan bantuan serta logistik untuk pengungsi.

Staf PMI Kabupaten Lumajang Dwi Endah menerangkan, selain membantu evakuasi warga terdampak ke tempat aman, PMI juga telah menyiapkan dapur umum di pos pengungsian. Sementara ini, kata Endah, dapur umum itu digunakan untuk melayani pengungsi sementara dan tim Tanggap Darurat Bencana (TDB) yang bersiaga.

“Kami siagakan personel di lokasi TDB. Sejauh ini respons yang dilakukan melengkapi data assesment, berkoordinasi dan bekerja sama dengan BPBD, dan mendirikan dapur umum,” terangnya

Sebelumnya, ratusan warga mengungsi di Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Selasa (1/12/2020). Dwi menuturkan, evakuasi mandiri itu dilakukan lantaran penduduk khawatir guguran awan panas Gunung Semeru pada hari sebelumnya kembali terjadi.

“Pengungsi yang berada di Pos pengungsian Supiturang juga sudah kembali ke rumah masing – masing, namun kembali lagi pada malam hari dan menginap di pos pengungsian,” imbuhnya.

Dwi melanjutkan, PMI juga membantu pendistribusian bantuan ke warga terdampak. Saat ini, katanya, kebutuhan yang perlu diutamakan adalah masker dan makanan cepat saji.

Sementara itu, Markas PMI Pusat menyiapkan berbagai logistik bantuan untuk penanganan bencana letusan Gunung Semeru. Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said menerangkan, PMI menyiapkan alat pelindung diri (APD) berupa masker, pelindung wajah dan penunjang protokol kesehatan lainnya.

“Kami imbau agar relawan yang bertugas untuk memperhatikan prokotol kesehatan saat memberikan pelayanan kepada warga terdampak bencana,” jelasnya.

Dalam waktu yang berdekatan, tedapat tiga bencana letusan gunung di sejumlah daerah yakni Merapi di Jawa Tengah, Ili Lewotolok di NTT, serta yang terbaru Gunung Semeru di Jawa Timur. Sudirman memastikan personel di sejumlah daerah terdampak erupsi gunung tersebut bersiaga membantu pemerintah.

“Kami imbau personel yang bersiaga di lokasi bencana erupsi agar selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dan memantau setiap perkembangan,” tutupnya.

197

Leave a Reply