PMI RESPONS LONJAKAN KASUS BARU COVID-19

Lonjakan kasus terbaru covid-19 sebanyak 11.287 di Indonesia menjadi perhatian Palang Merah Indonesia (PMI). Respons penanggulangan serta penanganan pandemi akan terus dilakukan PMI untuk membantu pemerintah. Kampanye donor plasma konvalesens juga terus digalakkan untuk menekan angka kematian akibat covid-19.

Berdasarkan data mutakhir, PMI di seluruh Indonesia telah mendisinfeksi 108.668 lokasi. Sebanyak 54 juta jiwa di 382 kabupaten/kota ditaksir telah menerima manfaat pelayanan tersebut. Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Arifin Muhammad Hadi menambahkan, kendaraan disinfeksi PMI telah tersebar ke wilayah yang ditetapkan zona merah.

“Total ada 373 unit kendaraan desinfeksi yang kami operasikan di daerah zona merah,” terangnya.

Pelayanan lainnya yang berkaitan dengan penanganan covid-19 yakni ambulans. Selama pandemi, tercatat PMI telah mengevakuasi 932 pasien covid-19 ke fasilitas kesehatan. PMI juga, ditambahkan Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial PMI Eka Wulan Cahyasari, telah memulasarkan 340 jenazah pasien covid-19 sesuai protokol kesehatan.

PMI akan terus mempromosikan protokol kesehatan selama pandemi agar menjadi kebiasaan. Eka menaksir, layanan promosi kesehatan ini telah menjangkau 6,8 juta jiwa penduduk Indonesia. Namun demikian, upaya berkelanjutan ini perlu melibatkan unsur relawan masyarakat agar lebih efektif.

“Agar menjadi kebiasaan. Jadi, kami akan terus memasyarakatkan pesan-pesan ini,” jelasnya.

PMI telah mendistribusikan 676 unit fasilitas cuci tangan di tempat zona merah. Pendistribusian itu, terang Eka, untuk menunjang pembiasaan protokol kesehatan. Penempatan tersebut di antaranya di pesantren, pasar, tempat wisata, hingga kantor pelayanan publik.

Untuk menekan angka kematian akibat covid-19, PMI juga menghimpun donor plasma konvalesens dari penyintas covid-19. Seperti diketahui, plasma darah mantan pasien covid-19 ini dapat digunakan untuk terapi pasien covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. Berdasarkan pemantauan, bahkan tingkat kesembuhan pasien dengan terapi ini mencapai 95 persen.

“Ada peningkatan donor plasma konvalesens dari Desember sampai Januari ini. Terakhir di Januari 2.100 kantong, sekarang sudah 7.246 kantong plasma konvalesens. Kami mengajak para penyintas untuk bergabung dalam gerakan kemanusiaan ini, demi menolong sesama,” tukas Pembina Unit Donor Darah PMI Pusat, dr. Lilis Wijaya.

71

Leave a Reply